Pengalaman pertama ku di sebuah perusahaan percetakan

Pengalaman PKL

Assalamualaikum wr.wb. Perkenalkan nama saya Hasbi akbar main putra, saya bersekolah di salah satu sekolah menengah kejuruan (SMK) di daerah Bogor, jawa barat. Saat ini saya duduk di bangku kelas 2 SMK, jurusan Multimedia. 


Kali ini saya akan membagikan pengalaman saya tentang praktik kerja industri yang pernah saya jalani.


Praktek kerja industri atau yang disingkat dengan prakerin adalah Praktik kegiatan pendidikan, pelatihan, dan pembelajaran bagi siswa SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) yang dilakukan di dunia usaha atau dunia industri yang berkaitan dengan kompetensi siswa. Tujuan diadakannya prakerin untuk melatih dan mengasah kemampuan siswa/siswi dalam dunia kerja. Selain itu, membentuk mental siswa/siswi dan memberikan motivasi dalam mencapai cita-cita. Juga menambah kreativitas untuk mengembangkan minat dan bakat.

Saya melaksanakan prakerin di perusahaan percetakan bernama Amanah Productions/ percetakan AmPro

Pengalaman hari pertama yang saya dapatkan saat prakerin (praktek kerja industri), yaitu saya mulai diperkenalkan para karyawan yang bekerja di tempat tersebut serta role/bagian yang mereka kerjakan, stelah pengenalan, saya pun mulai ditujukan hal apa yang dilakukan bagian produksi, yaitu cara menggunakan mesin printer seperti cara mengoperasikan, mengatur, dan bagian apa yang harus diperhatikan ktika mem print banner, tapi karena msih pemula saya pun hanya diberi bagian meng- cutting. 

Seiring berjalan ny prakerin, saya diajarkan hal lain yng dilakukan bagian produksi yaitu finishing (seaming), mata ayam(eyelet), packing dan hal umum sperti mengganti bahan atau tinta pada printer. 

Finishing yaitu melipat sisi banner dgn mesin dgn cara di panaskan agar rapi, mata ayam (eyelet) yaitu membolongi tiap sudut banner

Dan seperti itulah keseharian yang saya jalankan saat prakerin dalam 2bulan


Komentar